Jangan Meremehkan Kulit Pisang. Setelah diolah, Ternyata Bisa Menjadi Obat Kolesterol Darah dan Jantung Koroner.

Jangan menyepelehkan kulit pisang. sehabis diolah, nyatanya kulit pisang dapat jadi obat kolesterol darah dan juga jantung koroner. seperti itu hasil studi 3 mahasiswa fakultas teknologi pertanian universitas brawijaya (ftp unibraw) , malang, jawa timur. serupa apa prosesnya?


dari kulit pisang itu terdapat zat yang nyatanya berpotensi merendahkan kandungan kolesterol darah dan juga jantung koroner. merupakan lukman azis (21) , nisa alfilasari (20) dan juga clara arha (20) yang mencerna limbah kulit pisang itu dan juga mengekstrak zatnya.

" terdapat isi zat pektin yang kami ekstrak buat obat kolesterol dan juga jantung koroner, " ucap lukman azis, pemimpin regu riset ini dikala berbincang selasa (15/7).

zat pektin itu hendak terbuat dalam wujud marshmallow alias permen kenyal yang mereka buat seorang diri. terdapat sebagian pertimbangan kenapa mereka mengambil kulit pisang bagaikan olahan riset buat menjajaki program kreativitas mahasiswa bidang riset (pkm - p) yang diadakan ditjen tarbiyah besar (ditjen dikti) kemendikbud itu.

kesatu, limbah kulit pisang sepanjang ini banyak terbuang percuma sementara itu di dalam kulit pisang itu ada zat yang berguna.

" indonesia penghasil pisang no 7 di dunia, tetapi no 1 buat produktivitas pisang. di seluruh kepulauan di indonesia ada industri pengolahan pisang. limbah tersebut kulit pisangnya, itu tidak termanfaatkan sepanjang ini. terdapat senyawa alamiah yang sanggup merendahkan kandungan kolesterol pengidap penyakit jantung koroner, itu tadi senyawa pektin, " tutur lukman.

mulailah semenjak februari 2014 kemudian, lukman dan juga kawan - kawan memunguti limbah - limbah kulit pisang dari tukang - tukang gorengan di dekat kampusnya, sampai hunting limbah kulit pisang ke wilayah industri pengolahan pisang yang banyak ada di wilayah batu, malang.

mereka mengekstrak kulit pisang buat mengambil zat pektinnya. setelah itu mewujudkan zat pektin itu ke dalam permen kenyal. proses ini memakan waktu 1 bulan.
bulan - bulan berikutnya, mengujicobakan marshmallow berpektin itu pada tikus percobaan yang kolesterolnya sudah terbuat besar sampai mengidap jantung koroner. mereka mengamat - amati dampak marshmallow berpektin pada tikus - tikus itu.

dikala diujikan, nyatanya sanggup merendahkan kolesterol. dosis pada tikus itu hendak dikonversikan ke dosis manusia, " jelas lukman.

ia mengakui produk akhir yang berkategori bagaikan obat itu belum diujikan ke manusia. tetapi ia berkata mulai dari olahan baku sampai prosesnya mengaitkan olahan baku alamiah, tidak terdapat olahan kimia.

dalam prosesnya, kulit pisang itu diolah bagaikan tepung, dicampur senyawa asam dari jeruk sampai menciptakan ekstrak pektin yang setelah itu terbuat jadi marshmallow.

" pengeluaran penelitiannya keseluruhan rp 11 juta. hingga saat ini masih berlangsung, " kata lukman.

ekstrak pektin dari kulit pisang ini dinilai lebih murah dibanding ekstrak pektin yang dihasilkan industri. bagaikan perbandingan, pektin di pasaran dengan harga rp 1 juta per gr. sebaliknya buat mengekstrak pektin dari kulit pisang dapat menekan harga rp 12 ribu per gr.

masing - masing 3, 5 kilogram limbah kulit pisang, dapat menciptakan 500 gr tepung pisang. masing - masing 25 gr tepung pisang dapat menciptakan 4 - 5 gr pektin.

" pektin di indonesia itu masih impor dari luar. sepanjang ini terdapat ekstrak pektin dari jeruk, apel dan juga buah yang mahal - mahal serupa itu. sepanjang ini pektin buat ekstra pangan, " tuturnya.

hasil dari riset di dasar tutorial dosen nur ida panca stp, mp ini hendak dinilai ditjen dikti yang pemenangnya hendak diumumkan agustus 2014 nanti. riset ini diakui lukman menggambarkan riset lanjutan dari penelitiannya yang menang dalam lomba riset yang diselenggarakan usaid 2012 kemudian. dikala itu lukman mempelajari senyawa pektin dari kulit pisang yang sanggup merendahkan tingkatan tekanan pikiran dari manusia.

saat ini temuan lukman dkk itu lagi dalam proses memperoleh hak paten lewat lembaga riset unibraw. lukman dibantu dosen dan juga pihak kampus tidak menutup mungkin memproduksi permen kenyal berpektin dalam skala industri yang massal.

" produk kami ini hendak diteliti lebih lanjut dan juga diujicobakan pada penyakit yang lain, serupa diabet jenis 2, merendahkan berat tubuh pula dapat. banyak sekali, masih dalam riset, " tuturnya.








( sumber : https:// ragam- manfaaat. blogspot. com/2017/04/jangan-meremehkan-kulit-pisang-setelah. html )

Popular posts from this blog

Cara Mudah dan Cepat Mengecilkan Pori-pori Bekas Jerawat di Wajah Secara Permanen,Kulit Jadi Halus dan Mulus!

TOLONG SEBARKAN !! TAK PERLU KEDOKTER CUKUP PIJAT TITIK TITIK REFLEKSI BERIKUT INI KARENA DAPAT MENYEMBUHKAN ANDA DARI SAKIT !

Dalam Semenit Diabetes,Rematik Dan Darah Tinggi Teratasi Dengan Penemuan Baru Yang Luar Biasa Ini " Semoga Bermanfaat Silahkan Di Berbagi.!!